1. Sumber
Komunikasi massa adalah suatu organisasi kompleks yang mengeluarkan biaya besar untuk menyusun dan mengirim pesan.
2. Khalayak
Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, yaitu khalayak yang jumlahnya besar yang bersifat heterogen dan anonim..
3. Pesan
Pesan dalam komunikasi massa bersifat uum, maksudnya adalah setiap orang bisa mengetahui pesan-pesan komunikasi dari media massa.
4. Proses
Ada dua proses dalam komunikasi massa yaitu:
1). Komunikasi
Massa merupakan proses satu arah. Komunikasi ini berjalan dari sumber ke penerima dan tidak secara langsung dikembalikan kecuali dalam bentuk umpan balik tertunda.
2) Komunikasi massa merupakan proses dua arah (Proses seleksi).
Baik media ataupun khalayak melakukan seleksi. Media menyeleksi khalayak sasaran atau penerima menyeleksi dari semua media yang ada, pesan manakah yang mereka mereka ikuti.
5. Konteks komunikasi massa berlangsung dalam suatu konteks sosial.Komunikasi massa adalah suatu organisasi kompleks yang mengeluarkan biaya besar untuk menyusun dan mengirim pesan.
2. Khalayak
Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, yaitu khalayak yang jumlahnya besar yang bersifat heterogen dan anonim..
3. Pesan
Pesan dalam komunikasi massa bersifat uum, maksudnya adalah setiap orang bisa mengetahui pesan-pesan komunikasi dari media massa.
4. Proses
Ada dua proses dalam komunikasi massa yaitu:
1). Komunikasi
Massa merupakan proses satu arah. Komunikasi ini berjalan dari sumber ke penerima dan tidak secara langsung dikembalikan kecuali dalam bentuk umpan balik tertunda.
2) Komunikasi massa merupakan proses dua arah (Proses seleksi).
Baik media ataupun khalayak melakukan seleksi. Media menyeleksi khalayak sasaran atau penerima menyeleksi dari semua media yang ada, pesan manakah yang mereka mereka ikuti.
Media memengaruhi konteks sosial masyarakat dan konteks sosial masyarakat memengaruhi media massa. (Winarni, 2003: 4-5)
0 comments:
Post a Comment