Text Select - Hello Kitty

Monday, February 22, 2016

Pengertian Komunikasi Massa

Pengertian Komunikasi Massa

Komunikasi adalah kegiatan menyampaikan pesan atau informasi secara langsung maupun menggunakan media. Sedangkan massa adalah sejumlah orang yang berkumpul di suatu tempat yang anggotanya heterogen.
Jadi, komunikasi massa adalah proses penyampaian informasi kepada orang banyak dengan menggunakan media massa.



Menurut Defleur dan McQuail dalam Riswandi (2009:103)

 komunikasi massa adalah suatu proses dimana komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak khalayak yang besar dan berbeda beda dengan melalui berbagai cara


Menurut Effendy (2004:50) 

komunikasi massa adalah penyebaran pesan dengan menggunakan media yang ditujukan kepada massa yang abstrak, yaitu sejumlah orang yang tidak dikenal oleh si komunikator.



Menurut Bittner (1980:10) :


Komunikasi massa adalah pesan yang di komunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. 
Dari penjelasan Bitntner, dapat dikatakan bahwa komunikasi massa harus dilakukan dengan menggunakan media, sehingga komunikasi yang berlangsung pun lebih bersifat satu arah karena jumlah komunikan yang sangat banyak dan tidak dikenal oleh si komunikator.

Sedangkan menurut Meletzke, komunikasi massa diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar (Rakhmat seperti yang dikutip dalam Komala, dalam Karlinah. 1999).

Dari beberapa defenisi di atas, dapat di simpulkan bahwa komunikasi massa adalah penyebaran informasi atau pesan kepada publik atau khalayak ramai, yang mana komunikator menggunakan beberapa media massa untuk menyampaikan pesan tersebut dan bahkan tidak mengenal secara detaill siapa saja komunikannya.

Daftar Pustaka:
Syahputra, D. 2012. Landasan Teori Komunikasi Massa. Medan: Universitas Sumatera Utara
<http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/32702/3/Chapter%20II.pdf>


0 comments:

Post a Comment